MANAJEMEN PERPUSTAKAAN
Makalah
ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas Semester III (Tiga) pada mata kuliah
”MANAJEMEN PERPUSTAKAAN & LAB”
Dosen :
Siti Hadianti Dini
Islamiyati, M.Pd
DI SUSUN OLEH :
Kelompok II
17030007 Kurniawan
Yulika Wardiani
Tubagus
Muhammad Hanif
MANAJEMEN PENDIDIKAN
ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NASIONAL LAA ROIBA
SUKAHATI-CIBINONG BOGOR
2018
IAIN LAA ROIBA
DAFTAR ISI
Daftar isi ............................................................................................................................. i
Kata pengantar .................................................................................................................... ii
Bab I...................................................................................................................................
Pendahuluan...................................................................................................................... 1
1. Latar Belakang ................................................................................................. 1
2. Rumusan Masalah.............................................................................................. 1
3. Tujuan Penulisan .............................................................................................. 1
Bab II..................................................................................................................................
Pembahasan ...................................................................................................................... 2
1. Apa itu manajemen perpustakaan ? .................................................................. 2
2. Apa saja karakter dan nilai-nilai
manajemen ?................................................. 3
3. Apa saja unsur-unsur manajemen perpustakaan
? .......................................... 5
Bab III ..............................................................................................................................
Penutup ............................................................................................................................. 10
1. Kesimpulan ............................................................................................................. 10
2. Kritik & Saran ........................................................................................................ 10
Daftar Pustaka .................................................................................................................. 11
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Dengan mengharapkan puji syukur
kehadirat Allah SWT. Yang maha pengasih dan maha penyayang,maha pengampun
serta maha penerima taubat bagi hamba-hambaNya yang mau bertaubat dan memohon
ampunan-Nya.
Dan mudah-mudahan Allah SWT melindungi dari
kesalahan diri kami dan dari keburukan amal kami, karena siapa saja yang di
sesatkan oleh-Nya maka tidak seorangpun yang bisa memberi petunjuk baginya dan
barang siapa saja yang diberi petunjuk oleh-Nya maka tidak seorangpun dapat
menyesatkannya.
Sholawat dan salam semoga di limpahkan kepada
baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Yang telah menunjukan kita ke jalan yang lurus.
Berkat Rahmat dan Hidayah-Nya serta
Inayah-Nya pulalah penulis dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini
,sebagai tugas dari Institut Agama Islam Nasional , pada mata kuliah Manajemen
Perpustakaan & Lab.
Kami sampaikan terima kasih kepada dosen dan
semua pihak yang membantu kami dalam proses penyusunan makalah ini. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan dan
kekurangan dalam makalah ini. Saran dan kritik dari pembaca yang bersifat
membangun sangat kami harapkan agar dalam pembuatan makalah berikutnya dapat
lebih baik lagi.
Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat
bagi semuanya. Amin yaa robbal ‘alamin.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb
Bogor,
Desember 2018
Penyusun
Kelompok II
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Manajemen adalah kebutuhan pokok bagi setiap
organisasi / institusi, dari organisasi yang besar sampai organisasi yang
paling sederhana. Tidak ada organisasi yang berjalan tanpa adanya manajemen,
baik organisasi bisnis, instansi pemerintah, rumah sakit, laboratorium
penelitian , lembaga penelitian, perguruan tinggi dan juga perpustakaan.
Sebagaimana perpustakaan yang merupakan
organisasi yang berada di dalam lingkup suatu badan,
Institusi, Lembaga atau UPT, yang bergerak dalam bidang jasa layanan rujukan, baik
secara manual maupun digital. Untuk mengelola sebuah perpustakaan tidak semudah
kita membalikan tangan, akan tetapi diperlukan kemampuan manajemen yang baik,
agar arah kegiatan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kemampuan manajemen
itu juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tujuan-tujuan yang berbeda dan
mampu dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengetahuan dasar dalam
mengelola perpustakaan agar berjalan dengan baik diperlukan sebuah ilmu
manajemen. Manajemen sangat diperlukan dalam berbagai kehidupan untuk mengatur
langkah-langkah yang harus dilaksanakan oleh seluruh elemen dalam suatu
perpustakaan.
Manajemen perpustakaan merupakan pengelolaan
perpustakaan yang didasarkan kepada teori dan prinsip-prinsip manajemen.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam makalah ini
adalah sebagai berikut:
1.
Apa itu manajemen perpustakaan ?
2.
Apa saja karakter dan nilai-nilai manajemen ?
3.
Apa saja unsur-unsur manajemen perpustakaan ?
C. Tujuan
Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penulisan dalam makalah ini
adalah sebagai berikut :
1.
Memahami manajemen perpustakaan
2.
Memahami karakter dan nilai-nilai manajemen
3.
Memahami
unsur-unsur manajemen perpustakaan
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Manajemen Perpustakaan
Manajemen berasal dari
bahasa inggris “management” turunan dari kata “to manage” yang artinya mengurus
atau tata laksana atau ketatalaksanaan.Manajemen
mempunyai beberapa pengertian, antara lain:
1.
Kepemimpinan, baik dalam arti orang-orangnya maupun fungsinya, dalam
kegiatan organisasi, terutama dalam mengambil keputusan- keputusan, yang
dilakukan dengan mengadakan rapat.
2.
Kepengurusan, yang diangkat melalui pemilihan. Oleh sebab itu di
dalam menjalankan menejemen bersifat demokratis. Pengertianyan, bahwah apa yang
di laksanakan adalah yang di putuskan dalam rapat pemilih atau pembemtukan
kepengurusan tersebut.
3.
Ketatalaksanaan, ialah manajemen yang bersifat menata, mengatur pelaksanaan
dan melaksanakan keputusan-keputusan atau perintah atasan.
4.
Pengelolaan, ialah manajemen sumber daya, misalnya personol, keuangan,
material, inventaris, waktu dan sebagainya.
5.
Pengendalian, ialah managemen suatu situasi dan kondisi (kontrol), misalnya
pengendalian wilayah, keamanan, dan ketertiban wilayah.
6.
Pembinaan, ialah manajemen yang bersifat pengembangan : jiwa, kemampuan,
keahlian orang, kelompok orang, dan masyarakat. Misalnya pembinaan masyarakat,
dan pembinaan teritorial.
Secara umum pengertian manajemen adalah pengendalian dan
pemanfaatan semua faktor dan sumber daya, yang menurut suatu perencanaan (planning)
diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu tujuan kerja yang tertentu.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terdapat dua
pengertian tentang manajemen yaitu :
1.
Manajemen adalah suatu proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk
mencapai sasaran.
|
|
1.
Harold koontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul
“Principles of Management” mengemukakan, “ manajemen adalah berhubungan
dengan pencapaian suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang
lain”.
|
2.
George R.Terry dalam bukunya yang berjudul “Principles of Management”
mengemukakan “ manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan dengan memanaatkan
baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya.
3.
James A.F.Stoner, menyatakan bahwa “manajemen adalah seni untuk
melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang”.
Perpustakaan berasal dari kata pustaka, yang
berarti buku. Setelah mendapat awalan per- dan akhiran –an
menjadi perpustakaan , yang berarti kitab, kitab primbon, atau kumpulan
buku-buku, yang kemudian disebut koleksi bahan pustaka.
Setelah mengetahui pengertian manajemen dan perpustakaan
maka dapat kita simpulkan pengertian manajemen perpustakaan merupakan
pengelolaan perpustakaan yang didasarkan kepada teori dan prinsip-prinsip
manajemen.
Dalam hal manajemen perpustakaan, Jo Bryson mengemukakan
bahwa “manajemen perpustakaan merupakan upaya pencapaian tujuan dengan
pemanfaatan sumber daya manusia, informasi, sistem, dan sumber dana dengan
tetap memperhatikan fungsi manajemen, peran, dan keahlian.
B.
Karakteristik dan Nilai-Nilai Manajemen
Dalam konteks era modern saat ini, salah satu ilmuan yang banyak
mempengaruhi kancah dunia manajemen adalah Abraham Maslow. Menurut Lasa, teori
yang dipelopori oleh Abraham Maslow pada tahun 1941 menekankan bahwa manusia
mempunyai kebutuhan yang sangat kompleks, seperti peningkatan taraf hidup,
sosial, keamanan, prestise, dan aktualisasi.
Dari penelusuran ke berbagai literatur, Lasa menemukan bahwa
setidak-tidaknya ada empat karakteristik manajemen modern yaitu:
1.
Manajemen tidak dapat dipandang sebagai suatu proses
teknik secara ketat.
|
2.
Managemen itu sistematis, dan cara pendekatannya harus hati-hati.
3.
Organisasi adalah suatu kesatuan, dan cara pendekatan individual harus
disesuaikan dengan situasi.
4.
Diperlukan cara pendekatan motivasional untuk menghasilkan komitmen dalam
pencapaian tujuan.
Dengan demikian, manajemen modern telah telah membawa
suatu ciri khas baru dalam aktivitas dan kegiatannya, yaitu lebih fleksibel
alias tidak kaku dan menggunakan pendekatan individual serta motivasional.
Sementara itu, Masei mengungkapkan ada sejumlah
nilai yang pada umumnya dapat diterima dalam manajemen. Nilai-nilai yang
dimaksud ialah:
1.
Kebahagiaan
Kebahagiaan adalah nilai tertinggi, bukan saja dalam manajemen, melainkan
dalam setiap aktivitas manusia. Sebab, seseorang yang merasa bahagia akan
melakukan kegiatan sepenuh hati dengan menomor duakan imbalan materi.
2.
Ketaatan pada Hukum
Ketaatan pada hukum adalah suatu nilai yang selaras dengan hakikat
manajemen. Yaitu, menciptakan hukum untuk organisasinya sendiri.
3.
Konsistensi dan Kesetiaan
Nilai ini sama dengan nilai ketaatan dan kesetiaan pada hukum. Sebab,
perilaku dan tata kerja para personalia organisasi, termasuk para manajer,
sudah diatur oleh peraturan organisasi mereka.
4.
Integritas
Integritas pribadi adalah suatu nilai yang sangat di butuhkan, terutama
oleh para pemimpin sebab, seorang pemimpin akan selalu ada ditengah para
anggota organisasi yang dipimpinnya. Supaya dapat diterima dengan baik oleh
para anggotanya, ia perlu memiliki integritas pribadi. Suatu pribadi yang dapat
berbaur dengan pribadi-pribadi lainnya dan mampu beradabtasi dengan segala
macam pribadi.
C.
Unsur-Unsur Manajemen
Perpustakaan
|
Fungsi-fungsi manajemen yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengawasan dijalankan guna mencapai tujuan organisasi
perpustakaan yang telah ditentukan sebelumnya. Namun ada hal yang harus
dipenuhi didalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, yaitu unsur-unsur
manajemen. Unsur manajemen itu terdiri atas en am hal yang bisa disebut 6 M, yaitu:
1)
Man (manusia)
Manusia atau yang sering disebut sumber daya manusia (SDM), termasuk
didalamnya sumber daya otak (brain). Didalam manajemen unsur manusia merupakan
yang paling utama. Sebab semuanya berawal dari unsur manusia tersebut. Unsur
manusia meliputi beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:
a)
Jumlah , harus sesuai dengan formasi dan kebutuhan.
b)
Persyaratan, seperti pendidikan, kemampuan, keterampilan, pengalaman.
c)
Komposisi, misalnya unsur pimpinan, unsur pelaksana, teknis, unsur
administrasi.
Manusia juga mempunyai kepribadian, kemauan, keinginan,
kehendak, ide, gagasan, dan pikiran yang membedakannya dengan mahkluk-mahkluk
yang lain sangat menentukan dan diperlukan. Unsur manusia sebagai sumber daya
manusia mencakaup:
1.
Perencanaan kebutuhan, berapa yang dibutuhkan oleh perpustakaan
2.
Seleksi, melalui kualifikasi, persyaratan, penempatan, sesuai dengan
kemampuan dan tempat job nya.
3.
Penempatan sesuai dengan kemampuan dan posisi atau jabatan.
4.
Pembinaan, mencakup karir, dan jabatan, peningkatan kemampuan melalui
pendidikan, pelatihan, dan pendidikan nonformal, serta pelatihan dalam jabatan,
magang, dan lain-lain. Peningkatan kesejahteraan seperti gaji, pendapatan
tambahan, pakaian dinas (seragam), koperasi dan lain-lain.
|
Penghargaan lebih lanjut mungkin diusahakan adanya tali
hubungan yang berlanjut yang informal bersifat personal contect. Meskipun
secara formal sudah terputus, namu secara kekeluargaan, perlu dibina hubungan
yang baik, karna ada ikatan batin, emosional dan kebanggaan organisasi(semangat
korps). Pembinaan pegawai yang berorientasi kepada dasar atau segi kemanusiaan
dapat dilakukan.
2)
Money atau uang (modal kerja)
Tanpa tersedianya anggaran biaya akan sangat sulit bagi perpustakaan untuk
bertahan apalgi untuk terus berkembang. Anggaran sebuah perpustakaan harus
disediakan oleh lembaga induknya atau penyelenggaranya. Untuk perpustakaan
pemerintah maka anggaran yang diperlukan disediakan melalui Anggaran Pendapatan
dan Belanja Negara (APBN) untuk yang di pusat atau Anggaran Pendapatan dean
Belanja Daerah (APBD) untuk yang di daerah. Prinsip-prinsip angaran atau biaya
perpustakaan itu antar lain:
a)
Sumbernya pasti
b)
Pengunaanya menurut rencana
c)
Orientasinya bedasarkan program
d)
Pengelolaanya akuntabel dan responsible
e)
Pertangung jawabnya menurut aturan tertentu
f)
Jumlah angaran di usahakan terus meningkat
g)
Pelaksanaanya selalu dapat di kontrol dengan baik
h)
Menerapkan sistem efektif efesien
3)
Machines (mesin-mesin
penunjang)
|
Mesin-mesing yang biasanya di gunakan di perpustakaan antara lain mesin
tik, mesin foto copy, mesin pres, mesin fax, mesin jilid, dan komputer. Semua
jenis mesin tersebut di maksudkan untuk:
a)
Mempermudah dan menyerhanakan pekerjaan
b)
Meperingan beban dan tugas, mempercepat proses waktu kerja
c)
Menghemat tenaga manusia (manual)
d)
Menghemat biaya
e)
Menghasilkan produk yang berkualitas
f)
Memperbaiki hasil (luaran)
g)
Meningkatkan peforma dan kenerja perpustakaan
Oleh sebab itu pengadaan mesin-mesin harus
memperhitungkan beberapa hal seperti:
1.
Kesiapan tenaga operasional
2.
Ketersediaan dana
3.
Tingkat kebuthan yang mendesak
4.
Volume kegiatan
5.
Spesifikasi untuk masing-masing mesin
6.
Daya tahan, tingkat kemudahan / kesulitan pemeliharaan
7.
Perawatan
8.
Ketersediaan suku cadang dan bengkel
4)
Materials (inventaris atau material)
Perpustakaan memiliki banyak sekali barang dan benda (material) baik berupa
inventaris, maupun perlengkapan dan perabot serta sarana prasarana yang
lainnya. Benda-benda tersebut antara lain:
a)
Gedung dan ruangan
b)
Perabot dan perlengkapan
c)
Koleksi bahan pustaka
d)
Mesin-mesin
e)
Sarana komunikasi dan transfortasi
5)
Methods (sistem prosedur
dan mekanisme kerja)
|
Metode yang diterapkan diperpustakaan adalah untuk menghimpun, mengelola,
mengemas, menyimpan, dan menyajikan serta memberdayakan informasi. Metode
tersebut harus jelas, dapat dipahami dan dilaksanakan serta dipergunakan, baik
oleh petugas maupun pemakai perpustakaan. Yang dikategorikan metode atau sistem
dalam perpustakaan mencakup :
a)
Pengadaan yanng dimulai dari perencanaan kebutuhan koleksi bahan pustaka,
proses seleksi berdasarkan alat-alat seleksi (selection tools), penyiapan
anggaran (untuk yang dibeli), dan proses akuisisinya sendiri.
b)
Pengolahan, yang dikerjakan dengan beberapa buku pedoman seperti dalam
kelas klasifikasi, katalogisasi, dan penentuan tajuk subjek.
c)
Layanan, misalnya menggunakan sistem terbuka atau tertutup, bagaimana
persyaratan keanggotaan, dan peminjaman.
6)
Market (pasar)
Yang dimaksud dengan pasar disini adalah bahwa perpustakaan memenuhi
syarat-syarat dan sifat-sifat yang memungkinkan terjadinya transaksi informasi,
antara lain :
a)
Sirkulasi atau peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
b)
Kunjungan orang-orang ke perpustakaan untuk membaca/belajar, dan menikmati
hiburan batin dengan bacaan yang menyenangkan.
c)
Terpenuhinya kebutuhan inormasi bagi pengunjung
d)
Terjadinya akses informasi
e)
Tersebarnya informasi dan termanfaatkannya informasi
f)
Terselenggaranya layanan perpustakaan
Unsur pasar atau market diperpustakaan harus memenuhi
kriteria antara lain:
1.
Ada permintaan dan penawaran informasi
2.
Ada tempat (perpustakaan)
3.
Ada unsur penyedia informasi (penerbit, tokoh buku, dan agen)
4.
Ada staff layanan sebagai “penjual”
5.
Ada “pembeli” (pemakai perpustakaan)
6.
Ada “perjanjian” (kesepahaman) atau ketaatan aturan
layanan dan sanksi bagi mereka yang terlibat didalamnya.
|
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Manajemen mempunyai
beberapa pengertian, antara lain: Pemimpin, Pengurus atau kepengurusan,
Ketatalaksanaan, Pengelolaan, Pengendalian, Pembinaan.Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia terdapat dua pengertian tentang manajemen yaitu :
1.
Manajemen adalah suatu proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk
mencapai sasaran.
2.
Manajemen adalah pejabat atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya
perusahaan.
Manajemen perpustakaan merupakan pengelolaan perpustakaan
yang didasarkan kepada teori dan prinsip-prinsip manajemen.
Unsur manajemen itu terdiri atas enam hal yang bisa
disebut enam M, yaitu: Man (manusia), Money atau uang (modal kerja), Machines
(mesin-mesin penunjang), Materials (inventaris atau material), Methods (sistem
prosedur dan mekanisme kerja), Market (pasar).
B.
KRITIK &
SARAN
Demikian
makalah sederhana ini kami buat terima kasih kepada para pembaca yang telah
menelaah isi makalah ini yang tentunya masih banyak kekurangan dan
kelemahannya. Karena kekurangannya pengetahuan dan bahan rujukan yang ada
hubunganya dengan judul makalah ini.
Kami mengharap
saran dan kritikan yang membangun dari pembaca untuk sempurnanya makalah ini.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pribadi dan umumnya bagi para pembaca
yang di rahmati Allah SWT.
DAFTAR PUSTAKA
Herlina, 2007. Ilmu perpustakaan dan informasi.
Palembang : IAIN Raden Fatah Press
Sutarno NS, 2006.
Manajemen Perpustakaan. Jakarta : Sagungseto.
Prastowo, Andi, 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah
Profesional. Jogjakarta : Diva Press.
Lasa HS, 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakatra
: Gama Media
Yusuf, Pawit M. 2012. Manajemen Pengetahuan Informasi,
Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan. Jakarta : Rajawali Pers.
Andi Prastowo. Manajemen Perpustakaan Sekolah
Profesional . Jogjakarta : Diva Press, 2012. Hlm 26-29.
|
Komentar
Posting Komentar